Sabtu, 03 April 2010 | By: Indra

Mendefinisikan Perguruan Tinggi Idaman




Pendidikan nonformal

Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Hasil pendidikan nonformal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan, seperti LP3T Nurul Fikri.

Contoh

  • Agama
  • Budi pekerti
  • Etika
  • Sopan santun
  • Moral
  • Sosialisasi

Penyelenggara

  • Keluarga
  • Lingkungan

Sasaran

Pendidikan nonformal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan/atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat.


Fungsi

Pendidikan nonformal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional.

Jenis

Pendidikan nonformal meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja. Pendidikan kesetaraan meliputi Paket A, Paket B dan Paket C, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik seperti: Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, majelis taklim, sanggar, dan lain sebagainya, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.

Pendidikan formal

Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Pendidikan formal terdiri dari pendidikan formal berstatus negeri dan pendidikan formal berstatus swasta.


Berpedaan Pendidikan Formal dengan Nonformal

Pendidikan formal adalah kelas berbasis, disediakan oleh para guru terlatih pendidikan informal. terjadi di luar kelas, di sekolah setelah program, organisasi berbasis masyarakat, museum, perpustakaan, atau di rumah. Apakah perbedaan utama antara keduanya?

1. Secara umum, ruang kelas memiliki anak-anak yang sama dan guru yang sama setiap hari. Setelah  program sekolah sering drop-in, sehingga kehadiran tidak konsisten, seperti kepemimpinan.

2.Setelah program sekolah perlu menyelesaikan suatu kegiatan setiap harinya karena grup yang berbeda dari anak-anak bisa dalam pertemuan besok.

3.Anda dapat mengasumsikan bahwa berbasis guru kelas memiliki tingkat tertentu pelatihan dalam filsafat pendidikan, strategi pengajaran yang efektif, manajemen kelas, dan konten. Penyedia Setelah sekolah, sebaliknya, bervariasi pengalaman dan pengetahuan tentang teknik mengajar, keahlian konten, dan manajemen kelompok. Biasanya, bahan-sekolah pengaturan harus menyertakan lebih banyak struktur.

4.Guru harus memenuhi standar pendidikan dan tetap berpegang pada kurikulum yang ditentukan, yang dapat membuat sulit bagi mereka untuk menggabungkan konten non-tradisional. Setelah program sekolah, di sisi lain, dapat lebih fleksibel dengan konten mereka.

Kedua pengaturan pendidikan informal dan formal menawarkan kekuatan yang berbeda untuk proyek penjangkauan pendidikan Anda. Jika proyek Anda cocok di kelas, dapat memiliki kehidupan yang sangat panjang, guru akan menggunakan sumber daya terpercaya selama bertahun-tahun. Sekolah-program Setelah menawarkan lingkungan yang berbeda, di mana kegiatan Anda tidak perlu sebagai formal dan di mana Anda dapat menjangkau khalayak yang berbeda.

Sementara kedua sekolah-sekolah dan program setelah melayani mahasiswa, anak-anak banyak yang merasa kehilangan haknya pada mekar sekolah di sekolah setelah pengaturan pembelajaran dapat terjadi dalam lingkungan di mana anak-anak merasa kurang terintimidasi atau lebih nyaman daripada yang mereka lakukan di kelas formal. Tujuan utamanya adalah bahwa keberhasilan mereka dalam suasana informal dapat menimbulkan kepercayaan yang lebih besar di kelas formal.

Sebuah keuntungan tambahan dari bahan untuk mengembangkan pengaturan pendidikan informal adalah bahwa mereka mungkin akan berguna untuk orang tua di rumah bersama anak-anak mereka, atau untuk siswa dewasa yang ingin memperluas pengetahuan mereka, baik untuk pengayaan mereka sendiri atau untuk meningkatkan pilihan karir mereka.


salah satu contoh pendidikan formal : 

Perguruan Tinggi
SMA
SMP
SD, dll

PERGURUAN TINGGI

APA KULIAH ITU?

Kuliah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mempunyai arti "pelajaran yang diberikan" atau "ceramah". Namun pada umumnya kata "kuliah" dikaitkan dengan perguruan tinggi atau pendidikan tinggi yang sering diartikan sebagai proses belajar atau proses pembelajaran.

APA TUJUAN KULIAH?
 
1.Mengembangkan kemampuan
2.Memperoleh pengetahuan
3.Membangun sikap
4.Mendapat nilai
5.Ikut karena diwajibkan
6.Meraih cita-cita
7.Mendapatkan gelar
MENGAPA KITA HARUS KULIAH?

Setelah lulus SMA mungkin ada orang yang berkata seperti ini:

"baru lulus neh? kenapa gue harus sibuk kuliah? Kata orang kuliah itu susah mending kerja aja dan langsung dapet uang."


Anda tidak akan berkembang jika terus menerus hidup dalam asumsi bahwa segalanya sulit. Tidak ada yang mudah, memang itu kenyataannya termasuk kuliah. Untuk masuk PTN saja anda harus mengikuti beragam ujian, kursus, belajar ini itu. rasanya dunia susah untuk kita jalani dan tidak ada kesempatan bersantai. Tapi ada orang menilai kesulitan itu harus dianggap sebagai tantangan. Apalah kehidupan ini jika hanya dijalankan dengan bersantai dan enak-enakkan?

Lalu mengapa anda harus kuliah?

Jawaban yang sangat simple dan hanya terdiri dari 3 kata.

'Kenapa kita harus nerusin jenjang pendidikan formal?' Yang ini tentunya akan melahirkan bayak jawaban dan pertanyaan kembali. Orang yang keyakinannya udah beres pasti mengatakan saya kuliah untuk mencari ilmu dan pengetahuan, kenapa harus mencari ilmu pengetahuan? Karena Tuhan menyuruh kita untuk mencari ilmu dan pengetahuan tersebut, kenapa kita harus menuruti apa yang disuruh oleh tuhan karena kita Yakin akan adanya Tuhan sebagai 'Yang Maha' orang yang sudah punya keyakinan seperti itu maka setiap yang dikerjakannya akan berdasarkan keyakinannya tersebut. Tapi sekarang ini jarang orang yang seperti itu, kalaupun ada yang menjawab seperti itu dikatakannya munafik, karena toh pada akhirnya katanya kita kuliah ini hanya untuk mencari kerja ( Work oriented). Setiap orang punya tujuannya masing-masing.
 


 
Cara Dapatkan Kuliah Impian

Pendidikan perguruan tinggi terbaik merupakan salah satu investasi terbesar sebuah keluarga akan anda buat, namun tidak memiliki dampak secara dramatis arus kas keluarga & gaya hidup.

Berpartisipasi dalam kegiatan di SMA dan sukarela dalam masyarakat. Nilai Anda tidak buruk, Anda punya ambisi besar dan guru Anda mencintai Anda. Kau punya hati Anda set pada satu atau dua perguruan tinggi, tapi kau mendengar bahwa sulit untuk masuk ke perguruan tinggi dan Apa yang harus Anda lakukan? Baca terus untuk mencari tahu. Memilih kelas yang tepat adalah suatu keharusan bagi anda setiap tahun ketika anda ingin ke perguruan tinggi. Berteman baik dengan pembimbing atau pengajar dan datang dengan strategi yang mencakup bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan MIPA(bagi IPA) karena itu semua di perlukan ketika anda ingin masuk perguruan tinggi idaman. Ketika Anda sedang membangun jadwal Anda, menyimpan daftar persyaratan masuk perguruan tinggi favorit Anda 'berguna dan pastikan Anda memenuhi atau melampaui harapan mereka.

Mengembangkan Kekuatan Anda

Dapatkan untuk mengetahui apa anda kuasai dan apa yang mendorong Anda saat Anda di SMA. Apakah Anda seorang pembicara publik yang besar? Apakah Anda memiliki bakat untuk bahasa-bahasa asing? atau kedokteran? Ambil persediaan bunga menguji dan bertanya kepada orangtua dan guru ke daftar kekuatan Anda. Dan ujilah kekuatan anda, bila kekuatan anda tidak memenuhi harapan mereka. Usahakanlah, jangan anda hanya diam saja atau mencari hal yang lain yang anda kuasai saat ini.

Ketika tiba waktu untuk menulis ujian masuk ke perguruan tinggi, Anda ingin menunjukkan bahwa Anda tahu cara menetapkan tujuan dan menempatkan bakat Anda untuk menggunakan baik.

Beef Up Kredensial Anda

Jika skor yang anda miliki tidak Anda harapkan atau Anda sedikit lemah di matematika, menulis atau ilmu pengetahuan, cepatlah mengambil kursus. Banyak universitas/lembaga khursus menawarkan kelas bagi remaja untuk meningkatkan studi mereka keterampilan dan pengetahuan dalam mata pelajaran tertentu.

Selain memperkuat akademis Anda, pertimbangkan untuk mengambil mandat profesional. Menyelesaikan khursus Palang Merah dalam menjaga anak. Produktif mandat ini menunjukkan perguruan tinggi Anda serius membantu orang lain dan bahwa Anda memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi seorang ahli di sebuah ketrampilan.

Bayangkan Diri Pada Sekolah Impian Anda

Sebelum Anda berlaku untuk perguruan tinggi impian Anda, Anda dapat mempelajari segala hal tentang itu. Kunjungi seseorang yang kuliah di perguruan tinggi yang anda idamkan dan berbicaralah. Anda ingin mengetahui apa yang dirasakannya di perguruan tinggi yang Anda centang mimpi, dan bagaimana Anda akan cocok di antara mereka.

Buatlah daftar peluang unik perguruan tinggi yang menawarkan entah itu sebuah utama yang menarik bagi Anda atau sebuah studi yang terdengar sangat keren program di luar negeri dan tuliskan mengapa peluang ini adalah pertandingan super untuk bakat dan tujuan. Flip melalui brosur dan bayangkan diri Anda sebagai salah satu seseorang Anda lihat di perguruan tinggi ipian anda. Bagaimana perasaan Anda? Apa yang Anda harus berkontribusi? Apa ide asli yang Anda tawarkan? Tuliskan ide-ide dan menggunakannya untuk kerajinan Anda pertanyaan pribadi bila Anda siap untuk mendaftar.






Mendefinisikan Perguruan Tinggi Berdasarkan Universitas Web Ranking



Universities Towns
Institut Teknologi Bandung
Bandung
Universitas Indonesia
Depok and other locations
Universitas Gadjah Mada
Yogyakarta
Institut Teknologi Sepuluh November
Surabaya
Universitas Padjadjaran
Bandung
Universitas Brawijaya
Malang
Universitas Bina Nusantara
Jakarta Barat and other locations
Universitas Kristen Petra
Surabaya
Universitas Gunadarma
Depok
10  Universitas Pendidikan Indonesia
Bandung
11  Universitas Sebelas Maret
Surakarta
12  Universitas Sumatera Utara
Medan
13  Universitas Airlangga
Surabaya
14  Institut Pertanian Bogor
Bogor
15  Universitas Islam Indonesia 
Yogyakarta
16  Universitas Diponegoro
Semarang
17  Universitas Negeri Malang
Malang
18  Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Jakarta
19  Universitas Sriwijaya
Inderalaya
20  Universitas Mercu Buana
Jakarta Barat


Mendefinisikan Perguruan Tinggi Idaman Saya Berdasarkan Pandangan Saya 

Nah, saya akan mendefinisikan perguruan tinggi idaman saya berdasarkan pandangan saya. sebelum itu kita harus mengetahui faktor apa yang membuat perguruan tingggi itu disebut idaman & terbaik adalah :

Segi Perguruan tinggi


1. Faktor yang menentukan tingkat keberhasilan dan kualitas suatu perguruan tinggi adalah kemampuan lembaga tersebut dalam memberikan pelayanan yang bermutu kepada pengguna jasa, pencapaian pangsa pasar yang tinggi serta peningkatan profit lembaga tersebut, tergantung kepada pendekatan yang digunakan.

2. ketatnya seleksi penerimaan
karena pada umumnya dengan ketatnya seleksi penerimaan,maka akan mempermudah untuk membina kualitas SDM mahasiswa tersebut..yang biasanya sudah memiliki dasar potensi yang cerdas dan kompetitif ( pada umumnya ).

3. Alumninya
Bila banyak alumni yang sukses itu tandanya universitas itu berkualitas. selain itu ikatan alumninya juga menentukan kalau kita sudah lulus kita suka ditarik sama alumni-alumninya.

4.Program bimbingan Karier di Perguruan Tinggi
Pihak perguruan tinggi memberikan program bimbingan karier secara konsisten dan berkelanjutan kepada para mahasiswa yang membutuhkan informasi tentang pekerjaan, karier dan pengembangan potensi, Program pengenalan potensi diri dan keterbatasan seseorang yang meliputi kepribadian, kemampuan, bakat, minat dan kemampuan; Dikenalkan jenis-jenis karir; diri dengan tuntutan persyaratan lapangan kerja; Informasi tentang peluang kerja yang meliputi jenis pekerjaan, persyaratan untuk masuk, gaji, kondisi kerja, lokasi serta cara-cara melamar; Pelayanan penempatan kerja bagi calon tamatan; Pemberian informasi bursa pasar kerja bagi calon tamatan; Mendatangkan penceramah dari dunia kerja; Kunjungan ke tempat kerja; brosur-brosur informasi pekerjaan bagi calon tamatan; Konsultasi kesesuaian potensi diri dengan jurusan yang ada di Perguruan Tinggi.


Segi orangnya

1. Motive: penggerak
2. Traits: kecepatan bereaksi dan konsistensi merespons berbagai situasi atau informasi.
3. Self concept (Konsep diri): gambaran diri pribadi
4. Knowledge: informasi yang diperoleh seseorang pada bidang tertentu
5. Skill: kemampuan melaksanakan tugas secara fisik atau secara mental.
6. Kepribadian: organisasi dinamis di dalam masing-masing dari sistem-sistem psikhofisik yang menentukan penyesuaian unik terhadap lingkunannya.

tampak jelas bahwa komponen sifat dasar kompetensi seseorang adalah keterampilan, pengetahuan, self konsep, trait, motive, sikap, dan nilai.

HARVARD UNIVERSITY



Nama : Harvard University
lokasi : Cambridge, MA, USA
Students (belum mndapat gelar / PG/ Total) :19,140 / 6,715 / 12,425
staff pengajar / Staff : 2,400 / 13,100
Ranking - Times 400 (UK) : 1
University world Ranking - Jiao tong 500 (China) : 1
University world Ranking - Newsweek 100 (USA) : 1
PBA Top 100 Colleges : 1
USnews American ranking : 1
American Rank (Jiaotong) : 1

Harvard University Map


Ini adalah universitas impian dan terbaik yang ingin saya kejar. Tidak sembarang orang bisa masuk ke sana, hanya orang yang terpilih. Tidak mudah kita bisa masuk ke Universitas Harvard yang mendapat peringkat No.1 di dunia karena pendidikannya. Dan saya tidak cukup biaya untuk kuliah di sana, mungkin ini jadi impian saya untuk mengejar hal yang tidak mungkin bagi orang tapi mungkin bagi saya,  Karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, semua bisa diraih dengan usaha dan berdoa. Dan saya tidak akan putus asa sampai impian saya terwujud. saya akan terus belajar dan mengeluarkan ide-ide saya untuk memperkecil kemungkinan untuk kuliah di sana.


GAJAH MADA UNIVERSITY



Nama : Gajah Mada University
lokasi : Yogyakarta, Indonesia
Rangking di Asia 2009 : 63
Rangking Dunia 2009 : 250
staff pengajar : 3.500 dosen

Map Gajah Mada University



Universitas Gajah Mada adalah universitas terbaik di Indonesia bagi saya. Peringkat dunia yang di raih oleh Universitas Gajah Mada cukup membanggakan negara Indonesia. Dan membuat diriku bersemangat untuk berkompetisi masuk ke Universitas itu. Dan alhamdulillah orang tua saya mendukung saya jika masuk UGM. Saya akan mengambil jurusan dookter gigi, karena UGM bagus di bidang teknik dan ilmu kedokteran. Dan saingan saya pun banyak yang ingin masuk kedokteran contoh saja di lingkungan sekolah saya hampir 50 orang ingin masuk bidang kedokteran dan dari segi penilaian teman-teman saya yang ingin masuk bidang kedokteran cukup pintar. Itu berarti saya dituntut untuk belajar lebih rajin dan sungguh-sungguh di sertai dengan doa.



INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG


Nama : Institut Teknologi Bandung
Lokasi : Bandung, Indonesia
Peringkat di Dunia 2009 : 351
Peringkat di Asia 2009 : 80
staff pengajar : 1.045

Universitas ini adalah pilihan ke-2 saya di bidang IT. Universitas ini bagus & terkenal di bidang IT nya. nah, kenapa saya memilih bidang IT di ITB karena ITB menempati peringkat pertama se-Indonesia yang memiliki pendidikan terbaik di bidang IT nya. Dan saya ingin mengikuti saudara saya yang kuliah di ITB, tapi sayangnya dia dapat beasiswa kuliah di luar negeri. Dan saya tergiur untuk mengikuti jejak saudara saya. Saya tidak mau kalah dengan saudara saya. Saya akan buktikan kalau saya juga bisa mengikuti saudara saya dan lebih pintar daripada dia. Itulah tujuan saya memilih ITB sebagai pilihan saya yang ke-2.

UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA


Nama : Universitas Islam Indonesia
Lokasi : Indonesia
Peringkat di dunia 2009 : 3.058
Peringkat di Asia 2009 : 763

Map Lokasi Universitas Islam Indonesia



Universitas ini adalah universitas islam terbaik bagi saya. Universitas ini mengangkat tinggi agama islam sebagai dasar pendidikan. Buktinya, Tujuan Universitas Islam Indonesia (UII)  adalah membentuk cendekiawan muslim dan pemimpin bangsa yang berkualitas, bermanfaat bagi masyarakat, menguasai ilmu keislaman, dan mampu menerapkan nilai-nilai Islam, serta berdaya saing tinggi.
UII telah merumuskan Pola Pengembangan Mahasiswa (Polbangmawa) dengan sasaran umum mengembangkan mahasiswa yang:
(a) berwawasan Islami, berprinsip akhlakul karimah berdasarkan iman dan takwa kepada Allah subhanahu wata’ala serta mengimplementasikan nilai-nilai Islam dalam segala bentuk aktivitas (dakwah islamiyah)
(b) bersikap ilmiah, berinovasi secara produktif untuk mengamalkan dan mengabdikan ilmu pengetahuan dan teknologi secara bertanggung-jawab, jujur, sesuai dengan norma-norma yang berlaku di lingkungan dunia pendidikan yang berguna bagi pembangunan umat, masyarakat, bangsa, dan negara.
(c) berwawasan kebangsaan, memiliki komitmen kebangsaan yang tinggi, bersifat terbuka, gemar bermusyawarah, dan memiliki tanggung-jawab sosial sebagai implementasi rahmatan lil’alamin.

Di samping itu, secara khusus mahasiswa diharapkan menjadi:
(a) insan tauhid yang memahami eksistensi dan konsekuesi ketuhanan, yang termanifestasi dalam wujud pemahaman dan pelaksanaan fungsi sebagai abdi Allah dan khalifah di muka bumi,
(b) insan berilmu yang memahami paradigma keilmuan dalam wujud pemahaman sejarah perkembangan ilmu, tanggap dan kritis terhadap hasil pemikiran, memahami hakikat ilmu, serta mampu mengembangkan dan mengamalkan ilmu yang dimilikinya,
(c) insan profesional yang memiliki etos kerja menurut Islam, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, terampil mengaplikasikannya, serta bertanggung-jawab terhadap profesi,
(d) insan pemimpin yang memahami konsep kepemimpinan Islam dan mampu menerapkannya dalam diri, keluarga, dan masyarakat.

nah itluah bukti dari pandangan saya kenapa UII universitas terbaik untuk saya dan agama saya.


Ini lah motivasi saya untuk meraih perguruan tinggi terbaik & idaman : 

Ingatlah,hidup ini bukanlah untuk bermimpi tapi hidup itu ada untuk mengejar mimpi dan  menjadi tua adalah keharusan, menjadi dewasa adalah pilihan. 

Kuliah itu sangat penting. Mengapa penting..? karena bila anda ingin sukses, mendapatkan gelar, dan dapat diterima dengan mudah di dunia pekerjaan yang anda inginkan hanya 1 kuncinya yaitu kuliah.

jangan pernah anda sesali kegagalan yang telah lalu. Pikirkanlah masa depan anda. Sebenarnya hidup anda masih beruntung dari orang lain.

Tolong Menolong adalah kunci keberhasilan

Jangan Sombong bila anda mempunyai ilmu lebih daripada orang lain, karena kesombongan awal dari kehancuran.

Jangan sia-sia waktu kosong dengan hal yang tidak berguna. Karena waktu tidak bisa diulang. Sekali anda gagal tetap gagal dan tidak bisa merubah kegagalan itu. Anda hanya bisa mempelajarinya dan memperbaikinya dari kegagalan anda.

Sesuatu yang anda inginkan tidak akan terjadi bila anda tidak pernah mencoba dan berusaha. Jadi, Bila anda ingin kuliah dengan biaya ringan, anda harus belajar dari sekarang dan berusaha mendapatkan beasiswa jangan lupa disertai doa.

      Bagikan

      0 komentar: