Sabtu, 10 April 2010 | By: Indra

Hitung Persen Kesalahan

Hitung Persen Kesalahan
Kita belajar melalui pembetulan kesalahan kita. Meskipun kesempurnaan ilahi tidak bisa dicapai, untuk meningkatkan presisi, seseorang harus memiliki gagasan yang diukur dari seberapa banyak Anda telah keliru! Itulah sebabnya mengapa kita harus menghitung kesalahan persen. Jika Anda seorang pemula untuk percobaan ilmiah dan baru saja memulai program laboratorium pertama Anda di sekolah, Anda harus menghitung kesalahan persen di berbagai fisika, kimia dan percobaan biologi.

Apakah sebuah kesalahan?
Sebelum kita pergi ke depan dan melihat bagaimana menghitung kesalahan persen, mari kita memahami apa yang berarti oleh kesalahan dan mengapa penting dalam upaya ilmiah untuk menghitung kesalahan persen. Kesalahan perhitungan sangat penting bahwa seluruh subyek yang disebut 'Error Analisis' dikhususkan untuk itu.


Kesalahan adalah jumlah penyimpangan dari nilai-nilai yang akurat. Kesalahan perhitungan tidak mungkin, kecuali Anda melakukan pengukuran kuantitatif dari berbagai jumlah yang terlibat dalam percobaan. Pengukuran dapat membantu kami dalam menghitung kesalahan dan mengetahui betapa benarnya kita berada dalam model teoretis kita.

Langkah-langkah metode ilmiah terdiri dari observasi, teori dan eksperimen. Kami amati fenomena di alam dan datang dengan teori untuk menjelaskan fenomena ini. Matematika adalah bahasa alam. Satu-satunya cara yang satu dapat menguji validitas teori ini adalah melalui percobaan. Apa yang menegaskan teori adalah pencocokan yang tepat antara diamati eksperimental dan hasil prediksi teoritis. Tingkat kesalahan, yang merupakan perbedaan antara nilai-nilai percobaan dapat diamati dan predikat akan membawa kehancuran bagi model teoritis. Bahkan perubahan kecil atau kesalahan, berarti bahwa ada sesuatu yang kita tidak mengerti dan perlu account untuk itu. Kami terus meningkatkan teori dan menghitung kesalahan persen dari hasil eksperimen, sampai presisi dicapai!

kesalahan kecil bisa diperbesar dari waktu ke waktu untuk menciptakan masalah yang lebih besar kemudian. Jadilah itu segala bentuk rekayasa, tidak dikoreksi kesalahan yang telah melampaui batas toleransi kesalahan dapat menghancurkan terbesar rencana. Jadi kita harus belajar untuk menghitung kesalahan persen. Persen kesalahan perhitungan cukup sederhana dan aku akan menunjukkan di bagian berikutnya.

Cara Menghitung Persentase Kesalahan? Untuk menghitung kesalahan persen, Anda tidak perlu mesin matematika canggih. Hanya kemampuan untuk mengurangi, membagi dan mengalikan jumlah cukup. Mari kita pergi tentang menghitung kesalahan persen, langkah demi langkah.

Langkah 1: Dapatkan Nilai Nilai Teramati & Akurat
Langkah pertama dalam menghitung kesalahan adalah mendapatkan nilai yang diamati dan nilai yang Anda targetkan di, yang merupakan nilai yang tepat. Katakanlah Anda melakukan pengukuran dengan skala. Nilai yang akurat harus 30 cm. Namun, Anda memperoleh nilai yang diamati dari 29,7 cm. Bagaimana menghitung kesalahan persen dalam kasus ini? Mari kita pergi ke depan dan melihat.

Langkah 2: Kurangi diamati Nilai dari Akurat Nilai & Ambil Modulus
Langkah selanjutnya adalah mengurangi nilai yang diamati dari nilai akurat.Yang melakukan operasi berikut: (29,7 cm - 30 cm) = -0,3. Kesalahan negatif. Selanjutnya kita mengambil modulus perbedaan ini. Itu kalau perbedaannya adalah negatif, kami akan membuatnya positif, dan jika perbedaan positif, itu tetap jalan itu. Inilah yang mengambil alat modulus. Ini memastikan bahwa kami selalu mendapatkan perbedaan positif. Jadi setelah mengambil modulus, perbedaan atau 'Baku Kesalahan' menjadi 0,3.

Langkah 3: Bagilah Kesalahan Baku Dengan Nilai Akurat
Berikutnya kita harus membagi kesalahan baku dengan nilai akurat. (0.3/30) = 0.01. (0.3/30) = 0,01. Ini nilai yang Anda dapatkan setelah pembagian adalah 'Error Relatif' yang adalah 0,01 di sini.

4: Kesalahan Relatif Beberapa Pada 100 Kesalahan Hitung Persen
Kalikan kesalahan relatif dengan 100 untuk mendapatkan kesalahan persen. Dalam hal ini, (0,01 x 100) = 1%. Oleh karena itu pengukuran kami memiliki 1 kesalahan persen.

Saya harap penjelasan di atas telah dijelaskan bagaimana menghitung kesalahan persen. Anda akan mendapatkan digunakan untuk menghitung persen kesalahan yang Anda maju melalui program laboratorium Anda di sekolah. Mengetahui berapa banyak dan di mana Anda melakukan kesalahan adalah penting jika Anda berniat untuk meningkatkan!

Bagikan

5 komentar:

Team Ronggolawe mengatakan...

Berkunjung menjalin relasi dan mencari ilmu yang bermanfaat. Sukses yach ^_^ salam dari teamronggolawe.com

Indra mengatakan...

yya sama2... trima kasih... salam kenal jga...

widhiana mengatakan...

tengkyu bro

Anonim mengatakan...

kalo nilai yang teramati 0 berarti setiap ada error, persentase errornya tak hingga donk
????

Anonim mengatakan...

makasih infonya